Pernahkah kebayang saat penat kerja, atau melepaskan lelah dengan cara yang unik? Bukan hanya refreshing yang sekedar piknik. Beberapa tips yang dapat melepaskan lelah atau kepenatan dalam kesibukan berkerja.

Rutinitas memang tidak bisa dihindari, namun diri kita yang sehat harus tetap terjaga. Seperti pepatah mengatakan : “Akal yang sehat terdapat didalam tubuh yang sehat.” ingin punya pikiran yang lebih tenang? Salah satunya adalah anda bisa menambahkan Aquarium ditempat kerja, atau dirumah Anda. 

Sayangnya tidak semua orang memahami aquarium, berbagai masalah sering ditemui, seperti ikan yang tidak tahan hidup lama, sehingga air akuarium kotor dan berlumut.

Padahal dengan peralatan atau perlengkapan akuarium yang tepat, merawat aquarium bisa dilakukan denan mudah. Nah, agar anda bisa memulai memiliki Aquarium yang sehat dan ikan peliharaan dapat bertahan hidup lebih lama, yuk pahami dulu apa saja peralatan yang perlu anda miliki.

Aquarium sebagai media ikan hidup

Sebagai media ikan hidup untuk keberlangsungan ikan peliharaan, aquarium memiliki kelemahan berupa luas area yang terbatas, hanya bisa diisi beberapa ekor ikan, suhu air cepat berubah-ubah, sisa pakan dan kotoran cepat terakumulasi, aquarium cepat berlumut, ikan mudah mati, air mudah kotor dan sebagainya. Hal ini membuat kita, anda berpikir ulang untuk memiliki aquarium. Namun, hal tersebut bisa teratasi jika kita mengenal alat atau perlengkapan aquarium dengan benar ketika ada keinginan memiliki aquarium.

Kelemahan yang bersifat teknis kini bukan lagi menjadi hambatan, peralatan Aquarium selain bisa mengatasi masalah diatas juga bisa menambah keindahan aquarium itu sendiri. Mari kita kenali peralatan aquarium lebih lengkap dibawah ini :

  1. AERATOR 

Karena area permukaan air yang terbatas tidak seperti kolam besar atau media perairan lainya, yang sering menjadi masalah kurangnya air oksigeng dalam aquarium tanpa harus menambah luas area. Aerator menghasilkan gelembung udara yang sepintas mirip dengan gerakan air dari mata air. Oksigen dihasilkan dari gerakan/ riak/ gelombang pada permukaan air. Sebagai catatan bukan berarti anda boleh memasukkan jumlah ikan yang lebih banyak karena oksigen dari aerator tetap harus disesuaikan dengan areanya.

2. Batu Aerasi memiliki fungsi untuk memperkecil ukuran gelembung udara didalam air tanpa mengurangi jumlah oksigen. Sehingga oksigeng didalam air bisa lebih banyak (sampai batas) tertentu dan gejolak air di aquarium lebih tenang.

3. Filter Aquarium umumnya bekerja menyedot air kotor dan menghasilkan air bersih. Dengan filter air aquarium lebih bersih air tidak keruh, ikan yang anda pelihara bisa tinggal lebih nyaman.

4. Lampu Led aquarium dapat membantu penerangan pada hewan air menjadi lebih sehat.

Pusat promosi Ikan Hias UMKM provinsi DKI Jakarta
Jl.percetakan negara II blok H,Johar Baru,RT.14/RW.10,Johar Baru, Kec.Johar Baru, Kota Jakarta Pusat,DKI Jakarta 10560

Scroll to Top